Monday, August 30, 2010

Teka-teki Pemecahan Masalah

1. Orang-orang berkumpul di bundaran untuk menyaksikan mayat seorang anggota dewan. Di mayat tersebut terdapat secarik kertas yang merupakan petunjuk serangan selanjutnya. Di kertas tersebut terdapat tulisan : Paling lambat 2 bulan lagi, Saya akan meminta korban sebanyak 6 orang dari 43890 anggota DPR yang ada. Kapten Adit heran, kenapa disitu disebut 43890 orang paddahal anggota DPR hanya ada 25 orang. Detektif Z dipinta untuk menyelidiki, beliau berhasil menemukan bukan hanya siapa saja anggota DPR yang jadi korban selanjutnya, tetapi juga tanggal pembunuhan akan dilakukan. Jika nama2 anggota DPR yang 25 orang itu adalah A, B, C, sampai Y, siapa yang jadi korban dan kenapa mereka di bunuh? Bila sekarang tanggal 1 agustus 1990, tanggal berapa pembunuhan selanjutnya terjadi?

2. Para petugas di bandara Soehatta-Karno menemukan satu tas ponsel bernilai 3,6 miliar rupiah tanpa pemilik. Di duga hal ini adalah salah satu ulah penyelundup. Tersangka saat ini ada 5 orang. Orang yang mengaku sebagai penjual pakaian, penjual boneka, penjual sepatu, penjual perhiasan, dan penjual ikat pinggang. Diantara mereka siapa yang paling mungkin sebagai penyelundup dan kenapa?

3. Ada 6 orang yang masing-masing menderita phobia berbeda. Ada Mysophobia, Claustrophobia, Aquaphobia, Eisoptrophobia, Clathrophobia dan Agoraphobia. Semua ditemukan tewas di dalam sebuah WC yang sangat kotor, bau dan sempit, serta terkunci. WC itu sendiri berada di dalam kamar yang juga terkunci. Bila mereka mati akibat phobia mereka, Bagaimana mereka bisa mati dan kenapa mereka bisa mati sama-sama di dalam WC tersebut?

4. Ada pemuda yang sangat tampan. Banyak gadis kasmaran padanya. Tapi tak satupun yang ia terima, termasuk cinta sorang peri. Akibat kesombongannya, para dewa mengutuk, pemuda ini akan jatuh cinta pada bayangan wajahnya sendiri yang terpantul di kolam sebuah gunung. Benar saja! Berhari-hari ia berbaring di tepi kolam, lupa makan dan minum, hanya menatap penuh cinta pada wajahnya sendiri. Kesengsaraannya berakhir saat ia dijemput ajal. Ketika orang-orang mencarinya, yang ada hanya bunga, bunga apa ini dan mengapa?
Peri yang merana karena cinta tak terbalas menjelma menjadi gema suara di hutan. Siapa nama peri ini dan mengapa?

5. Atas saran seorang ahli matematika, Amerika menyerang IRAQ, karena AL QAIDA dipercaya bersembunyi disini. Kenapa?

6. "Suara waktu yang mengoyak langit." Apakah itu?

7. Tidur-tidur ayam sebutan untuk mereka yang setengah tertidur dengan mata tertutup. Bagaimana dengan orang setengah tidur tapi matanya terbuka lebar?

8. Seorang laki-laki tewas dalam sebuah tempat telepon umum dengan sebelah sisi penyok, tangannya berlumuran darah dan gagang telepon bergantung. Ada dua kotak di luar tempat telepon umum itu, satu tabung tipis yang sangat panjang dan sebuah kotak kecil. Bagaimana dia bisa tewas?

9. Seorang laki-laki terbaring tewas di sebuah lapangan. Disampingnya ada sebuah tas. Tidak ada tanda-tanda bahwa tas ini dibongkar isinya. Tidak ada pula tanda-tanda makhluk lain di tempat itu. Bagaimana orang ini mati?

10. Pembunuh berantai berusaha menyampaikan pesan pada publik lewat daerah-daerah yang dikunjunginya. Jika ia telah meminta korban di Sumatera Barat, Surabaya, Banten, Bojonegoro, Maluku Selatan, Malang dan Kalimantan Selatan. Apa pulau terakhir yang akan dikunjunginya dan apa bunyi pesannya?

11. Bila ibukota Peru ada Lima, berapa ibukota Indonesia?

17 comments:

  1. semua jawaaban nya apa broo ? saya gk bisa jawab 1 pun

    ReplyDelete
  2. no. 11 ya hanya satu, Jakarta. emang nama ibukota peru itu lima.

    ReplyDelete
  3. 2. Para petugas di bandara Soehatta-Karno menemukan satu tas ponsel bernilai 3,6 miliar rupiah tanpa pemilik. Di duga hal ini adalah salah satu ulah penyelundup. Tersangka saat ini ada 5 orang. Orang yang mengaku sebagai penjual pakaian, penjual boneka, penjual sepatu, penjual perhiasan, dan penjual ikat pinggang. Diantara mereka siapa yang paling mungkin sebagai penyelundup dan kenapa?

    Kelihatannya sih penjual boneka. Kenapa? karena dimana-mana kalo mau nyelundupin sesuatu itu palinggampang di dalam boneka men, kluarin isinya trus isi keperluan yang penting, kan gk bakal ketahuan kalo misalnya isi boneka gk kelihatan. gk mungkin jg sih petugas itu ngerobek bonekanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurutku penjual perhiasan, karena nilai 3,6M itu bkn nilai tas nya tp perhiasannya. Tas yg digunakan adl tas bertuliskan merk ponsel

      Delete
  4. Kalau analisis ku benar mungkin jawaban nomor 1 itu adalah:

    43890 >> dari angka 90 mungkin itu angka yang menunjukan tahun.
    43890 >> angka 8 adalah angka bulan. Yaitu Agustus.
    Lalu angka 3 adalah hari terjadinya pembunuhan selanjutnya.
    Dan angka 4 adalah angka urutan dari abjad, yang berarti huruf ke-4 abjad adalah D. Dan mungkin ini jawabannya.

    Pembunuhan selanjutnya terjadi pada tanggal 03 Agustus 1990, dan yang akan dibunuh adalah orang yang bernama 'D'

    Sekian analisisnya... maaf kalau salah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tpi gimana itu menjelaskan ttg 5 org berikutnya? Trus, dia bilang sendiri klu 2 Bulan lagi...

      Delete
  5. No 9 gampang aja jantungnya berhenti berdetak

    ReplyDelete
  6. Kasus no 2. penyelundupan dilakukan oleh pedagang pakaian, Kita buang Pedagang sepatu, perhiasan dan ikat pinggang karena barang tersebut tidak bisa di gunakan sebagai tempat menyimpan uang.Perkaranya seperti ini jika kita meletakkan 3,6 milliay dalam boneka maka mesin detektor bandara akan menagkap semacam benda gumpalan yang akan menimbulkan kecurigaan, tapi seandainya uang itu di letakkan rapi diantara lipatan baju dagangan maka tidak menimbulkan kecurigaan petugas.

    ReplyDelete
  7. no1 ane sedikit paham 43890 bila di jumlah kan jadi 4+3+8+9+0=24 orang.kan 1 sudah mati.6 orang yang mati itu mungkin orang ke c,d,h,i,o,dan y.tanggal nya 12 september 1990

    ReplyDelete
  8. No. 1
    43890 (dibagi 19) = 2310 (23 Oktober 1990) itu tanggal pembunuhan selanjutnya, 19 dpt dari (25-6 = 19)

    Anggota parlemen yang dibunuh
    B, F, J, N, R, V

    ReplyDelete
  9. 4)
    Nama Pemuda : Narcissus
    Peri : Peri Echo/Gema

    Gema berarti Echo

    Narcissus dikutuk dewa atas kesombongannya, dan ini sesuai cerita mitologi Yunani.

    Narcissus putus asa dan akhirnya mati, dewa pun iba lalu merubahnya menjadi bunga, maka itu saat orang orang datang mereka hanya melihat bunga.

    Dan peri echo/gema telah mati karna melihat orang yg ia cintai jd bunga, dan ia berubah menjadi suara yang bergema

    ReplyDelete
  10. 7) tidur dengan mata terbuka : kelinci
    Nama gejala tidur dengan mata terbuka dsb : nocturnal lagophthalmos

    Jd mungkin sebutan utk orang setengah tertidur dengan mata terbuka ialah tidur kelinci

    ReplyDelete
  11. 3) Mengapa para phobia ini mati di dalam WC/Kamar mandi kotor yang terkunci di sebuah kamar yang terkunci ?

    Mysophobia : Phobia terhadap kotoran, kuman (Takut berjabat tangan, menghindari kontak fisik dengan apapun/siapapun)
    Claustrophobia : Phobia terhadap ruangan tertutup
    Aquaphobia : Phobia terhadap air secara berlebihan
    Eisoptrophobia : Phobia terhadap cermin (melihat refleksi di cermin)
    Clathrophobia : Phobia terhadap keadaan terkunci
    Agoraphobia : Phobia kecemasan (situasi yg memicu kepanikkan)

    Mereka bisa mati karena saat Mysophobia berada di dalam kamar mandi tersebut dia melihat banyak orang, karna dia takut untuk menemui seseorang apalagi melakukan kontak fisik dengan orang-orang tersebut, ditambah lagi kamar mandi itu kotor.

    Untuk Claustrophobia, ialah orang yang takut terhadap ruangan tertutup, tentu saja kamar mandi/WC adalah ruangan tertutup dan jika terlalu banyak disana dapat menimbulkan sesak dan kadar oksigen berkurang. Ditambah lagi phobia ini semakin menghantuinya.

    Untuk si Aquaphobia, karna di situ WC tentu saja disana ada air, yaps tentu saja membuat Si Aquaphobia ini ketakutan dan membuatnya mengalami sesuatu hal

    Untuk Eisoptrophobia, di beberapa kamar mandi terdapat sebuah cermin disana, tentu saja membuat Si Eistrophobia ini ketakutan saat melihat bayangannya sendiri atau orang lain di cermin

    Untuk Clethrophobia dan Agoraphobia, mereka akan merasa cemas dan takut bahkan panik, karena ruangan tersebut yaitu kamar mandi yang kotor dan sempit, telah terkunci, mereka semakin terpojok serta tak berdaya. Hal ini menyebabkan ketakutan mereka menyeruak.

    Maka Mereka semua akan mengalami hal ini :

    "Ketika seseorang berada dalam kondisi ketakutan atau pada situasi yang mengancam, tubuh akan melepas hormon adrenalin yang kemudian menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan meningkatnya aliran darah ke otot. Sayangnya, terlalu banyak adrenalin bisa membahayakan jantung. Saat tubuh melepaskan adrenalin, saluran kalsium di jantung akan terbuka, kalsium akan masuk ke jantung dan membuat otot jantung berkontraksi.

    Di dalam situasi yang tidak terkontrol, kalsium bisa terus masuk ke jantung dan otot jantung tidak bisa rileks. Dan jika seseorang sedang ketakutan dan adrenalin dalam jumlah banyak sampai ke jantungnya, maka akan mnyebabkan aritmia yang disebut ventricular fibrillation, kontraksi otot yang tidak terkoordinasi sehingga membuat jantung seperti bergetar dan bukan berdetak seperti seharusnya.

    Keadaan ini berujung pada menurunnya tekanan darah, dan karena otak tidak mendapatkan cukup darah, maka yang terjadi selanjutnya adalah kehilangan kesadaran.

    ReplyDelete